Pelatihan Membuat Batik Lipat Shibori

Kedundang 03 November 2019 20:49:30 Berita Desa

Kedundang- Minggu (3/11) Pemerintah Desa Kedundang bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Desa Kedundang melaksanakan pelatihan pembuatan batik Lipat Shibori dalam rangka pemberdayaan perempuan di Desa Kedundang. Pelatihan dilaksanakan di Gor Desa Kedundang yang diikuti oleh 45 perempuan perwakilan dari masing-masing pedukuhan yang terbagi dalam 8 kelompok.

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan pengarahan dari Kepala Desa Kedundang. Bapak Abdul Rosyid selaku kepala desa mengatakan bahwa "pemberdayaan masyarakat di Desa Kedundang harus terus ditingkatkan. Nantinya Pelatihan-pelatihan   tidak hanya sekedar menjalankan program saja, namun harus bisa meningkatkan ekonomi keluarga terutama lewat Ibu-ibu rumah tangga mengingat sebentar lagi Desa Kedundang akan menjadi Sub Kota" pungkasnya.

Pelatihan berjalan dengan kondusif dan aktif. Ibu Ellik Istiani dan Ibu Retno Wahyuningrum selaku pemateri menjelaskan tentang apa itu batik Lipat shibori, dilanjutkan praktek pembuatannya. Praktek dimulai dengan pelipatan kain, lalu mencelupkan dalam waterglass dan pewarna, dilanjutkan miniriskanbkain hasil cekupan, dan terakhir menjemur hingga kering. Ibu Ellik berharap,  setelah selesainya pelatihan ini, peserta dapat menularkan ilmu ini kepada ibu-ibu di pedukuhan masing-masing.-(kf)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Peta Desa

Aparatur Desa

Sekretaris Desa

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Facebook

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung